MYSQL windows VS MYSQL linux




bermula dari keinginan untuk memigrasikan segala kebiasaan menggunakan windows ke linux. dan kenbetulan segala keperluan yang sangat penting bagi saya saat ini berhubungan dengan yang namanya MYSQL, jadi saya mencoba mencari cara supaya dapat menggunakan Linux untuk keperluan saya yang satu ini, yang pertama saya lakukan yaitu menginstall webserver di linux, nah webserver mungkin cukup mudah, karena begitu kita tanyak ama "OM GOOGLE" keluar ratusan cara membuat webserver di linux, dan saya memutuskan dengan menggunakan XAMPP atau di linux lebih di kenal dengan nama LAMPP.
nah setelah menginstall LAMPP, timbul pertanyaan di dalam kepala saya

Bagaimana memindahkan data-data MYSQL yang ada di windows ke linux ????"

untuk memulai dari nol mungkin akan memakan waktu dan tidak efisien. Nah, begitu saya mencoba nanyak ama "OM GOOGLE" eh om google ngasih jawaban yg nggak sesuai dengan jawaban yang saya kehendaki.

Sesudah mencoba berulangkali akhirnya jawaban dari pertanyaan diatas ditemukan. Sebenarnya cara memindahkan data-data mysql dari windows ke linux sich cukup mudah kita hanya perlu mengcopy file-file yang ada windows ke linux. Kalau di windows letaknya di "C:xampp\mysql\data" nah kalau di linux letaknya di "\opt\lampp\var\mysql".
ni hasil screenshoot detik-detik pemindahan data-data mysql di windows ke linux :



Setelah melakukan pengcopyan dari xampp windows ke linux alangkah baiknya di chmod 777 kan dahulu file yang dicopy. nah dengan demikian semua data mysql yang dibuat dengan xampp di windows sekarang sudah bisa diakses dengan lampp di linux.
FROM FREEDOM CAME ELEGANCE

tantangan pertama selesai....!!!

2 komentar:

Wahyu mengatakan...

hmmm..kurang ngerti bos. gmn tu cara kerjanya?

Unknown mengatakan...

cara kerjanya gmapang aja kok mas wahyu. database yang dibuat di windows dengan munggunakan fasilitas XAMPP tinggal dipindahkan ke LAMPP di linux. nah tempat penyimpanan database XAMPP itu di C:\>xampp/mysql/data sedngkan di linux letaknya di /opt/lampp/var/mysql. nah data2 yang ada di C:>xampp\mysql/data windows tinggal di copy ke /opt/lampp/var/mysql di linux.

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►